18 Juni 2015
Pengertian Supervisi
·
Secara Etimologi, supervisi diambil dari
bahasa Inggris “ Supervision “ yang artinya pengawasan di bidang pendidikan.
·
Supervisi pendidikan adalah pembinaan
yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada
umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar pada khususnya.
·
Menurut Purwanto ( 1987 ), Supervisi
adalah suatu aktifitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan
pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaan secara efektif.
Tujuan Supervisi
Tujuan utama supervisi adalah memperbaiki
pengajaran. Sedangkan tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis
dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan
kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar
mengajar. Secara oprasional adapun tujuan kongkrit dari supervisi pendidikan,
yaitu :
·
Meningkatkan mutu kinerja guru
1. membantu guru dalam memahami
tujuan pendidikan dan apa peran sekolah dalam mencapai tujuan tersebut.
2. membantu guru dalam melihat
secara lebih jelas dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya
3. meningkatkan kualitas
pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa.
·
Meningkatkan keefektifan kurikulum
sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik.
·
Meningkatkan keefektifan dan
keefesiensian sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan
dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan siswa.
·
Meningkatkan kualitas pengelolaan
sekolah khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kerja yang optimal.
·
Meningkatkan kualitas situasi umum
sekolah sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram.
Sasaran Supervisi
Sasaran utama supervisi meningkatkan kemampuan profesional
guru. Ada tiga macam bentuk supervisi yang ditinjau dari objek yang disupervisi
:
1.
Supervisi akademik : menitikberatkan
pengamatan supervisor pada masalah – masalah akademik, yaitu hal – hal yang
berlangsung dalam lingkungan kegiatan pembelajaran.
2.
Supervisi administrasi : menitikberatkan
pengamatan supervisor pada aspek – aspek administrasi yang berfungsi sebagai
pendukung dan pelancar terlaksananya pembelajaran.
3.
Supervisi lembaga : menyebarkan objek
pengamatan pada aspek – aspek yang berada disekolah, dimaksudkan untuk
meningkatkan nama baik sekolah secara keseluruhan
Matkul : Administrasi Pendidikan
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar