Minggu, 21 Juni 2015

pengertian, tujuan, dan sasaran supervisi


18 Juni 2015

Pengertian Supervisi
·         Secara Etimologi, supervisi diambil dari bahasa Inggris “ Supervision “ yang artinya pengawasan di bidang pendidikan.

·         Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar pada khususnya.

·         Menurut Purwanto ( 1987 ), Supervisi adalah suatu aktifitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaan secara efektif.

Tujuan Supervisi
Tujuan utama supervisi adalah memperbaiki pengajaran. Sedangkan tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar. Secara oprasional adapun tujuan kongkrit dari supervisi pendidikan, yaitu :
·         Meningkatkan mutu kinerja guru

1. membantu guru dalam memahami tujuan pendidikan dan apa peran sekolah dalam mencapai tujuan tersebut.

2. membantu guru dalam melihat secara lebih jelas dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya

3. meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa.

·         Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik.
·         Meningkatkan keefektifan dan keefesiensian sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan siswa.
·         Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kerja yang optimal.
·         Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram.

Sasaran Supervisi
Sasaran utama supervisi meningkatkan kemampuan profesional guru. Ada tiga macam bentuk supervisi yang ditinjau dari objek yang disupervisi :
         1.         Supervisi akademik : menitikberatkan pengamatan supervisor pada masalah – masalah akademik, yaitu hal – hal yang berlangsung dalam lingkungan kegiatan pembelajaran.
         2.         Supervisi administrasi : menitikberatkan pengamatan supervisor pada aspek – aspek administrasi yang berfungsi sebagai pendukung dan pelancar terlaksananya pembelajaran.
         3.         Supervisi lembaga : menyebarkan objek pengamatan pada aspek – aspek yang berada disekolah, dimaksudkan untuk meningkatkan nama baik sekolah secara keseluruhan


Matkul : Administrasi Pendidikan

Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar