Apa yang dilakukan saat pertama kali memasuki kelas
dan mengajar siswa SD ?
Sebelum saya memasuki kelas, hal pertama yang paling
penting adalah saya harus menyiapkan terlebih dahulu buku pedoman, RPP dan
silabus. Agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan sesuai
dengan yang telah diprogramkan dari sekolah. Hal ini bukan hanya untuk guru
yang baru mulai mengajar tetapi semua guru harus melakukan hal serupa.
Pada saat pertama kali saya memasuki kelas saya
harus tersenyum, buat anak – anak senang dan merasa nyaman pada saat kesan
pertama. Sebagai seorang guru kita tidak boleh sekali – kali menunjukkan wajah
yang marah meskipun kita sedang ada masalah. Karena dengan menunjukkan wajah
yang marah siswa akan merasa takut dan malas untuk belajar bahkan mendengarkan
ucapan kita. Setelah itu, saya harus memberi salam dan mengabsensi siswa
sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Dengan memberi salam kita telah
mengajarakan kepada anak – anak tentang sopan santun didalam kehidupan
sedangkan dengan mengabsensi siswa kita dapat mengetahui kondisi kelas dengan
baik dan juga dapat menimbulkan kesan yang baik pula pada siswa. Selanjutnya, saya juga jangan lupa untuk memperkenalkan diri saya. Itu sangat penting bagi
guru baru, karena dengan memperkenalkan diri siswa akan mengenal kita dengan
baik dan juga siswa akan merasa lebih dekat dengan guru yang akan
mengajarkannya.
Setelah perkenalan, saya mulai masuk dalam
pelajaran. saya harus menggunakan metode yang tepat pada saat mengajar, hal ini
diperlukan karena dengan menggunakan metode yang tepat belajar mengajar akan
berjalan dengan baik. Metode , strategi, model, dan pendekatan harus
disesuaikan dengan pelajaran yang akan diajarkan. Contohnya pada pelajaran PKn
kelas 1 khususnya pada materi tentang kewajiban seorang anak dalam sekolah,
keluarga, dan masyarakat saya bisa menggunakan metode demonstrasi dan tanya
jawab. Mengapa seorang saya menggunakan metode tersebut? karena pola pikir anak kelas rendah harus nyata, jadi saya harus memperagakan dahulu apa - apa yang menjadi materi pelajarannya kemudian setelah itu saya baru bisa menerapkan metode tanya jawab. Metode tanya jawab dilakukan agar kegiatan belajar mengajar tidak monoton dan membosankan.
Kemudian setelah metode, strategi yang dapat digunakan adalah strategi kontekstual. saya dapat menggunakan strategi kontekstual karena strategi ini merupakan strategi yang berorientasi pada pengalaman langsung siswa. Jadi akan lebih memudahkan siswa dalam menerima pelajaran.
Selajutnya setelah metode dan strategi ada model dalam pembelajaran, disini saya bisa menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung adalah dimana guru memperagakan segala kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat melatih pengetahuan serta keterampilan siswa.
Setelah itu ada pendekatan. Pendekatan dalam pembelajaran ini adalah berpusat pada siswa. Dan yang terakhir ada refleksi, refleksi disini adalah semacam soal - soal yang diberika oleh guru kepada siswa. Selain soal - soal refleksi disini saya juga bisa bermain seperti bermain games contohnya menyambung sebuah kalimat.
Setelah semua kegiatan belajar mengajar selesai, saya mengucapkan terima kasih kepada anak - anak. Itu bisa mengajarkan kepada anak - anak untuk bisa saling menghormati kepada orang yang telah memberikan waktunya kepada kita. kemudian jangan lupa tutup semuanya dengan salam.
Makasih pencerahannya sangat berharga buat saya sebagai guru.
BalasHapus